Selasa, 04 Desember 2012

"MANFAAT BUKU".


Sebuah buku ditulis dengan kerja keras yang luar biasa. Buku adalah buah pemikiran seorang penulis. Hasil dari pengamatan dan riset selama beberapa tahun, bahkan mungkin puluhan tahun yang dikristalisasikan dan dituangkan dalam bentuk tulisan.



Saya dan kita semua sungguh beruntung dan patut berterima kasih kepada para penulis buku. Mereka adalah dermawan ilmu pengetahuan, pembuka jendela wawasan dunia dan informasi bagi manusia, pembaca, dan pembelajar. Dengan membaca, kita bisa menimba berbagai macam ilmu dan pengalaman orang lain selama bertahun-tahun, tanpa kita sendiri melewati masa ujicoba selama itu. Kekayaan pikiran penulis yang kita baca pada setiap buku bisa dinikmati berulang kali, bermanfaat memperkaya pengetahuan, bahkan mampu mengubah mind-set kita.

Buku adalah investasi yang tiada habisnya dan tak ternilai harganya. Buku juga bisa mengubah nasib seseorang yang siap belajar dan mau berubah. Saya sendiri, mengalaminya. Karena buku, nasib saya berubah. Dengan pendidikan formal yang sangat minim, saya sangat sadar, saya harus belajar, belajar, dan belajar. Selama lebih dari 20 tahun, saya secara konsisten: tiada hari tanpa membaca.

Buku memberikan kontribusi besar sebagai penunjang saya dalam mengembangkan dan mengaktualisasikan diri hingga mencapai prestasi seperti hari ini. Jadi saya kira, tepat sekali pepatah bijak ini: "Orang miskin karena buku menjadi kaya. Orang kaya karena buku menjadi anggun/mulia". 

Bayangkan, jika kita bisa membiasakan membaca, minimal 1 buku dalam 1 minggu maka dalam 1 bulan 4-5 buku kita baca dan dalam setahun 52 buku. Maka dalam 5 tahun, kita sudah membaca 260 buku. Sebuah angka yang fantastis!

Jika buku yang kita baca itu topik-topiknya menyangkut bidang yang kita geluti, yang kita minati, maka dalam lima tahun kita pasti bisa menjadi pakar dalam bidang yang kita tekuni. Sungguh luar biasa! Tentu, saya pun setuju sekali dengan pepatah yang mengatakan "knowledge is power". Pengetahuan adalah kekuatan!

Jangan membuang waktu yang berharga hanya untuk kegiatan yang tidak produktif. Mari, pastikan menjadi seorang pembelajar. Tingkatkan kualitas kehidupan dan karir kita dengan membiasakan diri membaca buku yang bermutu. Bukan nanti, bukan besok, tapi dimulai hari ini.

Selamat membaca!

(Sumber : klik disini)



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan2 di blog ini.
Selanjutnya, silahkan tinggalkan jejak kamu diblog ini
dengan menuliskan komentar kamu di "kotak komentar" yang sudah tersedia.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KOMENTAR LEWAT FACEBOOK