Sabtu, 27 April 2013

"TIPS BAHAGIA SEPANJANG HARI".

Di bawah ini saya tuliskan beberapa tips yang sering saya lakukan untuk mengubah mood buruk agar senantiasa kembali gembira, karena untuk menjadi selalu bahagia secara konsisten, dibutuhkan keberanian untuk mengelola pikiran dan perasaan kita sendiri. Bagaimana caranya?

Mudah-mudah tips di bawah ini bermanfaat :

#Tips_1.
Coba deh ucapkan setiap pagi:
“Saat saya menyadari bahwa saya tidak selalu mendapatkan apa yang saya inginkan, maka mulai saat ini, saya menyiapkan dan mengijinkan diri untuk selalu mensyukuri apapun yang saya dapatkan.”

#Tips_2.
Perlakukanlah setiap orang yang anda jumpai dengan perlakuan yang juga ingin anda terima dari orang lain. Lalu ucapkanlah terimakasih dengan tulus pada lawan bicaramu setelah anda selesai berbincang-bincang dengannya. Kemudian usahakanlah mentraktir minimal 1 orang yang belum pernah anda traktir.

#Tips_3.
Cobalah untuk melihat sesuatu yang sedap dipandang, nikmati dan syukuri, bahkan hanya untuk sekedar beningnya warna sirup dalam gelas, butir hujan yang jatuh membasahi bumi atau lambaian daun-daun dari tanaman di pekarangan rumah kita. Lihatlah dan nikmati, lalu carilah hal yang bisa anda syukuri dari kegiatan itu.

#Tips_4.
Lakukan kegiatan yang diminta untuk anda lakukan, dengan perasaan gembira, apapun itu, bahkan ketika anda diperintah oleh orang yang tidak anda suka sekalipun. Jika muncul perasaan yang tidak enak karena hal itu, segera sadari dan ucapkanlah secara mental, “Pekerjaan ini kulakukan, karena Tuhan jugalah yang menginginkan hal ini aku kerjakan. Ia hanya tengah menguji kesabaranku.”

#Tips_5.
Mulailah berfokus pada rasa syukur atas apa yang sudah anda peroleh, sehingga tidak terlalu terlena pada sekedar keinginan yang belum anda dapatkan. Caranya, ingat-ingatlah hal kecil yang sudah anda punya lalu syukuri, seperti masih punya sisir, sepatu, lulus sekolah, masih sekolah, masih bangun pagi, masih bisa beranjak dari tempat tidur, punya baju, masih bisa tidur, punya handphone, punya TV, masih bisa baca, dll.

#Tips_6.
Setiap kali anda merasa kecewa atau kesal terhadap seseorang, situasi atau keadaan, segeralah berdoa : “Yaa Allah, bersihkan hatiku dari kedengkian dan kebencian sehalus apapun, berilah kemampuan padaku untuk melupakan rasa kecewa pada apapun dan siapapun. Ijinkan aku utk mampu melihat segala sesuatu dengan kebahagiaan.”
Lalu berusahalah untuk mengembangkan senyum.

#Tips_7.
Afirmasikan kalimat di bawah ini kapanpun perasaan gundah datang atas sikap orang lain terhadap diri anda:
“Saya menutup pikiran dan hati dari prasangka dan energi negatif. Saya terus belajar memaklumi sikap orang lain, namun berhenti berharap untuk dimaklumi, karena saya sadar, saya tidak bisa memaksa orang untuk berpikir dan bersikap sama seperti saya.”
Lalu berusahalah untuk mengembangkan senyum.

#Tips_8.
Ketika Anda mulai berpikir bahwa Anda tidak bahagia dengan hidup Anda, selalulah berpikir bahwa ada seseorang yang bahagia atas kehadiran Anda. Perhatikan sekelilinga anda, bukankah kebahagiaan sesungguhnya adalah membuat orang lain bahagia?

“Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal menghargai atau tidak mampu mensyukuri apa-apa yang telah mereka miliki”

#Tips_9.
Berusahalah setiap hari menuliskan kata-kata motivasi atau kalimat inspiratif di media sosial anda, atau sekedar membacanya. Contoh : “Kesulitan sebesar apapun, akan terasa biasa saja bagi orang yang lebih mengutamakan syukur daripada mengeluh. karena, bukanlah kebahagiaan yang membuat kita bersyukur, tapi rasa syukurlah yang membawa kita ke dalam kebahagiaan.”

#Tips_10.
Dengarkan musik atau lagu yang membawa emosi positif atau bernada riang, tontonlah film atau acara TV yang lucu. Berusahalan untuk membuat bahan humor atau lelucon untuk kemudian menceritakannya kepada teman-teman anda. Bisa juga dengan menuliskannya di akun media sosial milik anda.

Demikian 10 tips sederhana menjaga kebahagiaan anda sepanjang hari. Semoga bermanfaat.

(Sumber : http://gheanezreza.wordpress.com/2013/04/26/tips-bahagia-sepanjang-hari/)

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan2 di blog ini.
Selanjutnya, silahkan tinggalkan jejak kamu diblog ini
dengan menuliskan komentar kamu di "kotak komentar" yang sudah tersedia.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KOMENTAR LEWAT FACEBOOK