Senin, 25 Februari 2013

"KISAH HIDUP DAVID KARP - PENDIRI TUMBLR.COM".


Minatnya pada dunia programming dimulai sejak usia 11 tahun. Belakangan David Karp memilih menempuh pendidikan homeschooling agar lebih leluasa mengembangkan minatnya. Ternyata dari sanalah ia menemukan dunianya hingga mampu mendirikan web media sosial Tumblr.


Karp dibesarkan di Manhattan, New York. Ayahnya adalah komposer musik film dan televisi bernama Michael D. Karp, sedangkan ibunya, Barbara Acherman, adalah seorang guru sains. Karp mulai sekolah sejak usia 3 tahun. Usia sekolah sedemikian dini itu karena ibunya harus membawanya serta ke sekolah sambil mengajar di The Calhoun School di Manhattan. Rupanya bakatnya pada bidang sains begitu tinggi. Ia bahkan mulai tertarik dan belajar bahasa pemrograman internet, HTML, sejak usia 11 tahun. Tak lama kemudian ia sudah bisa membuat website untuk suatu perusahaan di Manhattan.

Dengan bakat seperti itu orangtuanya memasukkan Karp ke sekolah khusus sains, Bronx High School of Science atau lebih dikenal sebagai Bronx Science. Sekolah ini memang jadi magnet sekolah unggulan di Bronx, New York. Namun ternyata Karp hanya bertahan setahun dan memilih keluar ketika usianya masih 15 tahun. Gara-garanya saat itu ibunya berkenalan dengan orangtua salah satu muridnya yang memiliki studio animasi, yaitu Fred Seibert, pemilik Frederator Studio yang antara lain memproduksi film kartun seperti untuk Nickelodeon, Nicktoons, Cartoon Network, dan sebagainya. Waktu bertemu Seibert, Karp langsung bertanya, boleh tidak berkunjung ke studionya. Ternyata boleh. Pada kunjungan pertama ia langsung terkesan akan komputer-komputer canggih di situ. Agar bisa berkunjung tiap hari ia harus keluar dari sekolah dan memilih homeschooling.

Selama homeschooling ia ikut berbagai pendidikan mengikuti minatnya. Misalnya ikut kelas bahasa Jepang di Japan Society. Di sana ia bertemu tutor matematika yang kemudian mengajaknya membuatsoftware untuk memenangkan judi poker dan Blackjack.

Suatu ketika seorang pengusaha bernama John Malone yang mengelola forum parenting UrbanBabymencari seorang teknisi untuk mengembangkan forum web itu. Seorang staf di Frederator merekomendasikan Karp. Maka ia pun mendapat proyek itu yang ia kerjakan hanya dalam waktu sehari (tepatnya empat jam). Malone kemudian memberikan saham pada Karp.

Tumblr

Tahun 2006 Malone menjual UrbanBaby ke CNET, jaringan media internet. Karp mendapat bagian dari penjualan sahamnya. Dari uang itulah ia mendirikan perusahaan konsultansoftware bernama Davidville. Ia bahkan sudah mencari programmer lain untuk membantu mengembangkan bisnisnya. Datanglah Marco Arment (belakangan mengembangkan web sendiri) setelah membaca iklan Karp di websiteiklan Craigslist.

Namun rupanya perusahaan itu tak berhasil. Pada saat itu ia memimpikan membuattumblelogs (bentuk blog yang lebih sederhana). Maka lahirlah Tumblr yang diluncurkan pada November 2007. Sejak diluncurkan, Tumblr mulai menjadi alternatif pengguna blog karena lebih simpel. Dan momentum terbaiknya terjadi ketika bencana topan Sandy melanda sisi timur Amerika, termasuk New York, pada Oktober  2012. Bencana itu membuat sejumlah perusahaan media seperti Huffington Post, Gawker, dan BuzzFeed yang bermarkas di New York harus offline. Untuk melayani para pembacanya ketiga media itu meminta Tumblr menayangkan edisi sementaranya di Tumblr.

Saat ini Tumblr mengelola sebanyak 86 juta blog dengan jumlah halaman yang dilihat mencapai 18 juta halaman setiap bulannya. Tambahan blog-nya mencapai 120.000 blog sehari. Secara bisnis, Tumblr disebut Majalah Forbes memiliki nilai perusahaan sebesar US$800 juta atau sekitar Rp7,6 triliun. Karp memiliki 25% saham sehingga kekayaan pemuda kelahiran 5 Juli 1986 ini mencapai US$200 juta atau sekitar Rp2 triliun! Luar Biasa!


__________

Baca kisah selengkapnya di Majalah LuarBiasa edisi Februari 2013.


Artikel Terkait:

5 komentar:

  1. ini dia artikel yang ane cari, izin copy untuk share di blog ane gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Adjie Umbara, silahkan....yg penting ditulis sumber linknya ... :-)

      Hapus
  2. wah menarik sekali ceritanya, kapan bisa seperti dia ya,. . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rain Vali, memang bagus ceritanya,,,,,saya juga suka ......

      Semua butuh proses dan waktu.....yg penting adalah lakukanlah usaha yg terbaik di hari ini .... :-)

      Hapus
  3. Keren nihh. Nice article gan. Aku share yaa..

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan2 di blog ini.
Selanjutnya, silahkan tinggalkan jejak kamu diblog ini
dengan menuliskan komentar kamu di "kotak komentar" yang sudah tersedia.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KOMENTAR LEWAT FACEBOOK